manfaat kulit durian

durian, buah yang dilarang naik ke pesawat ataupun ke hotel tertentu. menjadi pilihan bagi sebagian besar anak negeri. walau sebagian mengatakan, tak terlalu enak buah durian, bahkan beberapa langsung menjauh bila mencium baunya.

tak terlalu penting buahnya. ataupun bijinya yang bisa jadi bahan pangan. ternyata begitu banyak yang telah melakukan penelitian tentang kulit durian. selain sebagai alat bantu untuk menggaruk bila gatal, ternyata kulit durian telah diteliti menjadi papan panel, briket, pengental cendol, pengusir nyamuk hingga obat.

  • kulit durian secara proporsional mengandung unsur selulose yang tinggi (50-60 persen) dan kandungan lignin (5 persen) serta kandungan pati yang rendah (5 persen) sehingga dapat diindikasikan bahan tersebut bisa digunakan sebagai campuran bahan baku papan olahan serta produk lainnya yang dimampatkan. nilai keteguhan lengkung (Modulus of Elastisity) produk papan partikel dari limbah kulit durian yang menggunakan perekat mineral (semen) adalah sebesar 360 kg/cm2 dengan nilai keteguhan patah (Modulus of Rupture) sebesar 543 kg/cm2. [ selengkapnya disini ]
  • Kandungan kimia kulit durian yang dapat dimanfaatkan adalah pektin. pektin merupakan senyawa yang baik digunakan sebagai pengental dalam makanan. sehingga pektin yang diperoleh dari kulit durian dapat dimanfaatkan sebagai pengental dalam pembuatan cendol. [ selengkapnya disini ]
  • orang-orang tua zaman dulu yang memanfaatkan kulit durian ini untuk bahan bakar pengusir nyamuk atau bahan bakar untuk memasak maka ini terbukti berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalor kulit durian yang diperoleh menunjukkan angka sebesar 3786,95 kal/gram dengan kadar abu rendah yaitu 4 persen. [ selengkapnya disini ] malah sudah diikutkan pada ajang lomba internasional. temuan obat nyamuk dari ekstrak kulit durian ini telah diikutsertakan dalam forum Indonesian Young Scientists (Inays) 2008 di Universitas Parahyangan, Bandung. [ selengkapnya disini ]
  • lumatan kulit durian dapat dilumaskan ke perut untuk memudahkan buang air besar; juga untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap), air abu kulit buah durian dapat digunakan sebagai obat pelancar haid dan juga penggugur kandungan (abortivum) [ selengkapnya unduh disini ] Abu dan air rendaman abu bisa digunakan sebagai campuran pewarna tradisional.
  • baca juga di wikipedia.

dari pencarian di mesin pencari, ternyata baru satu yang mengupas tentang manfaat kulit durian sebagai penghilang bau dan mabuk setelah makan durian. namun itupun baru rencana penelitian. kulit durian sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa mabuk dan panas setelah banyak makan durian. dan juga untuk menghilangkan bau durian di tangan dan di mulut setelah memegang buah durian, dapat menggunakan kulit durian. caranya adalah meminum air dengan menggunakan kulit durian. juga membasuh tangan dengan air yang diletakkan di kulit durian. pastinya bukan dengan bagian yang berduri.

pada kulit durian !



Artikel ini dapat dikutip ataupun diperbanyak dengan tetap menyebutkan sumbernya :


Ade Fadli. 2010. manfaat kulit durian. http://timpakul.web.id/manfaat-kulit-durian.html (dikutip tanggal 23 August 2014)



-- timpakul.web.id - @timpakul



3 thoughts on “manfaat kulit durian

  1. Pengasuh yg terhormat, saya mhn penyelasan apa benar kulit durian dibakar lalu abu yg berwarna putih diambil disedu dengan air matang disaring lalu diminum dpt membantu menyembuhkan (mengeluarkan) penderita batu empedu ? mhn dibalas terima kasih.

Beri komentar